“Pelantikan Imum Mukim Kayee Adang periode 2017-2022”

Camat Syiah Kuala melantik Mukim terpilih

Camat Syiah Kuala Drs.Fahmi,M.Si melantik Sdr. Ismail Is sebagai Imum Mukim Kayee Adang Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh, pada hari Selasa (8/8/17) di Masjid Jamik Syuhada Gampong Lamgugob. Sebelum rangkaian prosesi pelantikan dimulai, terlebih dahulu dilakukan Peusijuk Bapak Walikota dan wakil Walikota beserta istri oleh tokoh masyarakat Kecamatan Syiah Kuala, sebagai tamu kehormatan, yang merupakan adat peumulia jamee (memuliakan tamu) di dalam budaya Aceh. Pembacaan ayat suci Al  Qur’an mengawali prosesi acara pelantikan. Pengambilan sumpah dan pelantikan Imum Mukim disaksikan oleh semua tamu undangan termasuk Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh. Acara ini di mulai selepas shalat Isya, dan turut hadir Ketua DPRK Banda Aceh beserta beberapa anggota DPRK, Kapolsek dan Danramil setempat, para Kepala SKPD di jajaran Pemko Banda Aceh, para Keuchik serta tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Syiah Kuala.

Dalam kesempatan ini Walikota memberikan bimbingan serta arahan kepada Imum Mukim Kayee Adang yang baru dilantik, yang merupakan mantan manajer Persiraja Banda Aceh, yaitu ada 4 tugas pokok seorang Imum Mukim. Pertama, melayani dan mengayomi masyarakat di bawah pemukiman yang di duduki. Kedua, adalah sebagai komandan pelaksanaan adat istiadat untuk melestarikan kebudayaan yang ada. Ketiga, membantu pemerintah dalam aspek pembangunan dan menjaga koordinasi dengan keuchik. Kemudian yang terakhir adalah menjalankan syariat Islam sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beliau juga berpesan dalam menjalakan tugas sebagai Imum Mukim, di butuhkan keikhlasan, energi dan kerja keras dalam mencapai suatu tujuan.

Prosesi pelantikan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Tengku Imam Masjid Syuhada Gampong Lamgugob. Kemudian dilakukan peusijuk Imum Mukim Kayee Adang yang baru oleh tokoh masyarakat Kecamatan Syiah Kuala, diikuti dengan pemberian ucapan selamat kepada Imum Mukim Kayee Adang yang baru, dan dengan acara makan bersama.

Penulis : Rezeki Maulana

Editor   : Faidian Faisal.S.Stp,M.Si