“Semarak perayaan HUT kemerdekaan RI ke-72 di Kecamatan Syiah Kuala”

 

Banda Aceh, 18 agustus 2017. Seusai mengikuti upacara hari kemerdekaan RI ke-72, Camat Syiah Kuala Drs.Fahmi.M.Si beserta beberapa staf mengunjungi gampong-gampong yang ada di kecamatan Syiah Kuala untuk memantau langsung acara perlombaan rakyat yang diadakan oleh masyarakat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kedatangan Camat beserta rombongannya ke gampong-gampong di sambut baik oleh warga setempat.

Gampong yang dikunjunginya ialah gampong Tibang, Peurada, Pineung, dan Ie Masen Kayee Adang, ada sebagian gampong lainnya yang ada di kecamatan Syiah Kuala tidak mengadakan perlombaan pada tanggal 17 agustus tersebut, tetapi mereka mengadakan acara tujuhbelasan tersebut pada tanggal 20 agustus bertepatan dengan hari minggu.

Masyarakat setempat sangat antusias menyemarakkan acara tujuhbelasan tersebut, hal ini dapat dilihat dari tingginya antusiasme masyarakat baik yang ikut lomba maupun yang datang untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Berbagai macam perlombaan diadakan diGampong-gampong diantaranya ialah lomba makan kerupuk, tarik tambang, lompat karung, lomba memasak bagi ibu-ibu, dan acara yang paling populer ialah panjat pinang.

Camat syiah kuala juga turut menghadiri jamuan makan siang bersama para peserta lomba memasak di gampong Pineung, sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba memasak. Kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan lomba tarik tambang antar gampong yang dilaksanakan di gampong Tibang.

 

Penulis : Mainal Furqan

Editor   : Faidian Faisal.S,Stp,M.Si