Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Syiah kuala

Dinas Sosial Kota Banda Aceh mengadakan sosialisasi keluarga harapan di kecamatan Syiah Kuala pada tanggal 23 April 2015. Acara yang berlangsung selama satu hari penuh ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran. Selanjutnya laporan dari Bapak Zulkifli, sekretaris Dinas Sosial Banda Aceh. Dalam laporannya beliau menyebutkan peserta yang hadir dalam acara sosialisasi ini terdiri dari unsur Puskesmas,Posyandu, Guru dan Perangkat gampong. Untuk kota Banda Aceh terdiri dari 1422 keluarga haparan.

PKH merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan desa. Sosialisasi ini diharapkan dapat mensinergikan elemen elemen yang terlibat di PKH dalam mengimplementasikan program program yang akan dicapai ujar Camat Syiah Kuala dalam pembukaan acara sosialisasi tersebut. Untuk kecamatan Syiah Kuala program keluarga harapan terdapat 149 keluarga yang tersebar dalam beberapa gampong.
Dalam acara sosialisasi ini terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Bapak Devi Riansyah, A.KS, M.Si, Kasie Jaminan Kesejateraan Sosial Aceh. Beliau memaparkan tentang pengertian PKH, Latar Belakang PKH serta Tahapan PKH. Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab oleh peserta tentang hal-hal yang berkenaan dengan PKH. Sesi selanjutnya dibawakan oleh Bapak Ir. Syukri, M.Sc, Sekretaris BAPPEDA Kota Banda Aceh. Bappeda Berperan dalam melaksanakan Penganggaran dana dan Media koordinasi Teknis antar Instansi dalam melaksanakan PKH dikota Banda Aceh. Sesi terakhir di isi oleh Bapak Drs. Tarmizi Yahya, MM Kepala Dinasosnaker Kota Banda Aceh. Beliau menjelaskan peran dan fungsi, landasan hukum PKH dan dasar pelaksanaan PKH.

Kegiatan sosialisasi PKH ini disambut antusias oleh peserta yang hadir, ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. Acara ditutup oleh Ketua Panitia Sosialisasi PKH.