Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) dan Serba masak serba Ikan

Dinas Kelautan dan Perikanan dan Pertanian Kota Banda Aceh berkerja sama dengan PKK Kota Banda Aceh mengadakan lomba cipta menu. Perlombaan bertujuan meningkatkan motivasi dan kreativitas masyarakat Kota Banda Aceh dalam mengembangkan pangan olahan yang berbasis sumber daya lokal. Perlombaan yang berlangsung selama dua hari bertempat dihalaman kantor Dinas Kelautan Perikanan dan Kelautan Kota Banda Aceh. Perlombaan dibagi dalam dua katagori. Pada Hari pertama Lomba Cipta Menu B2 yang berlangsung pada tanggal 29 April 2015 dan Hari kedua Lomba Cipta Menu Serba masak serba Ikan pada tanggal 30 April 2015. Peserta Lomba diikuti oleh seluruh kecamatan Kota Banda Aceh.

Pada perlombaan tahun ini, Kecamatan Syiah Kuala mengirim 2 orang peserta yaitu Noni Ulfa Riana dan Nona Arianita dari PKK Gampong Rukoh. Hari pertama perlombaan menu yang ditampilkan berupa Asam sabu, Ikan Lele masam Bunga Kala, sambal terasi, ikan lele sambal ijo, pepes ikan jeunara, jeupit kentang, bitle balance, peyek bayam, peyek kacang dengan minuman terdiri dari orange ginger legend dan aneka soup buah. Pada hari kedua menu yang ditampilkan asam udang belimbing, soup bakso ikan, omelet tiram saus wortel, asam ke’ung geboi mujair, tiram tumis khas aceh,cumi acar kuning, kepiting tumis warna warni, perkedel udang dan kerang saus. Untuk katagori pertama kecamatan syiah kuala memperoleh juara harapan satu sementar untuk katagori kedua mendapatkan juara dua.

Kreteria penilaian oleh juri meliputi Keseragaman/keseimbangan antar kelompok pangan, pangan sumber karbo hidrat, pangan sebagai sumber vitamain dan mineral, daya cipta resep, kesesuaian menu, penampilan hasil olahan, penyajian , kebersihan dan cita rasa.