“Tibang Sebagai Gampong KB”

Walikota Banda Aceh yang di wakili oleh asisten III pemerintah kota yaitu bapak Nurdin,S.Sos, secara resmi mencanangkan Gampong Tibang sebagai Gampong KB di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Acara yang berlangsung pada tanggal 18 oktober  jam 10.00 WIB di halaman mesjid Baitussalam Gampong Tibang ini turut di hadiri oleh Walikota yang di wakili oleh bapak Nurdin,S.Sos, kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Kapolsek, Danposramil, serta perangkat desa setempat dan tokoh – tokoh masyarakat dari gampong – gampong yang ada di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh.

Pencanangan Gampong KB sendiri ialah untuk mensukseskan program Nasional dari pemerintah dalam upaya memperkuat target / sasaran dan pembangunan Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tahun 2015 -2019. Gampong Tibang merupakan Gampong ke tujuh yang di canangkan sebagai gampong KB di kota Banda Aceh pada tahun 2017. Sebelumnya, sudah ada 6 Gampong yang di canangkan sebagai Gampong KB yaitu, Gampong Mulia Kecamatan Kuta Alam, Gampong Lampaloh Kecamatan Lueng Bata, gampong Lamjame Kecamatan Jaya Baru, Gampong Ulee Lheue Kecamatan Meraxa, Gampong KB Jasmin Kecamatan Kutaraja, dan Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman.

Tujuan dari program Gampong KB ini ialah untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas dan meningkatkan kualitas hidup bagi  masyarakat di tingkat Gampong, yaitu dengan cara merencanakan keuangan, kesehatan, serta anak dan bukan hanya dengan sekedar memakai alat kontrasepsi bagi pasangan. Dalam memenuhi harapan tersebut, pentingnya pembangunan di tingkat desa atau gampong menjadi suatu hal yang mendasar, dan keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat memegang peranan yang sangat penting di dalam mewujudkan pembangunan gampong yang mandiri, sehat dan sejahtera.

 

Penulis : Rezeki Maulana