Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Capil ke Gampong

saat petugas merekam data warga.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Banda Aceh melakukan perekaman KTP serta pembuatan akte kelahiran. Dimana proses pembuatan akte langsung siap hari itu juga. Sedangkan untuk KTP hanya dilakukan perekaman, mulai pemotretan, scan tanda tangan, sidik jari dan scan retina mata saja. Warga di berikan surat keterangan sebagai pengganti KTP. Persyaratannya pun terbilang mudah, yaitu pemohon cukup datang dengan membawa surat keterangan bidan, buku nikah asli suami dan istri, kartu keluarga (KK), dan 2 orang saksi. sedangkan untuk pembuatan KTP, cukup membawa kartu keluarga (KK), dan KTP lama.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 3 agustus 2017 di Halaman Masjid Jamik Syuhada Gampong Lamgugob ini dimulai dari pukul 09.00 wib sampai dengan 16.00 wib. hanya di dilakukan pada hari itu saja, menurut keterangan dari Bapak Maslan, Sekdes gampong Lamgugob. Kegiatan ini merupakan agenda khusus. Hal ini di lakukan untuk mensukseskan program nasional yaitu 85 persen warga dari umur 0 – 18 tahun harus mempunyai akte kelahiran. Mengingat masih banyaknya warga yang belum mempunyai akte kelahiran. Data yang di himpun dari petugas lapangan, masih ada  303 jiwa warga yang berumur dari 0 – 18 tahun belum mempunyai akte, dan itu belum termasuk KTP.

Maka dari itu di himbau kepada seluruh warga agar dapat melengkapi persyaratan dan segera datang ke dinas terkait untuk pembuatan akte kelahiran dan KTP. Hal ini bertujuan untuk tertib administrasi kependudukan. Oleh karena itu petugas sangat mengharapkan kerja sama dari semua warga agar program ini dapat berjalan dengan lancar.

 

Penulis : Rezeki Maulana

Editor   : Faidian Faisal.S.Stp,M.Si